Profil
Pembukaan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Prodi PGMI) diusulkan oleh STIS Subulussalam pada Oktober 2024.
Ketua Prodi:
Sekretaris Prodi:
Eko Arif Susanto, M.Pd
S.2 Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Fatah Palembang
Muhammad Najib, M.Pd
S.2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
[foto]
Zaenuri, M.Pd
S.2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Haniful Muttaqin, M.Pd
S.2 Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya
Muhammad Farizal Abidin, M.Pd
S.2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Wahid Muklisin, M.Pd
S.2 Manajemen Pendidikan Islam UI An-Nur Lampung
Lulusan Prodi PGMI akan mendapatkan gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Struktur Organisasi
Struktur organisasi Prodi PGMI digambarkan dalam bagan sebagai berikut:
Visi, Misi, dan Tujuan
Visi
Menjadi Program Studi Unggul di Asia Tenggara dalam mencetak pendidik MI/SD yang profesional, berwawasan kebangsaan berbasis Ahlussunah Wal Jamaah pada tahun 2050.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan Pendidik MI/SD yang kompeten, kreatif, adaptif dan inovatif.
Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan dasar.
Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan kebangsaan dalam proses pendidikan, penelitian, dan pengabdian.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal dalam pembelajaran dan pengelolaan pendidikan dasar.
Mengembangkan kerja sama dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar.
Tujuan
Menghasilkan pendidik MI/SD yang menguasai kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian sesuai standar nasional pendidikan.
Menghasilkan karya ilmiah dalam bidang pendidikan dasar yang berkontribusi pada pengembangan teori dan praktik pembelajaran.
Meningkatkan peran serta dosen dan mahasiswa dalam program pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan pendidikan dasar.
Menghasilkan lulusan yang memiliki komitmen terhadap nilai-nilai keislaman, nasionalisme, dan etika profesi guru.
Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Terjalinnya kerja sama dengan lembaga pendidikan, pemerintah, dan masyarakat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dasar.