1. Profil

Pusat Penjaminan Mutu (PPM) adalah salah unit kerja yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-Dikti) di STIS Subulussalam.

2. Struktur Organisasi

3. Visi dan Misi

Visi

Menjadi Pusat Penjaminan Mutu yang bereputasi dalam penyelenggaraan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi untuk mewujudkan visi STIS Subulussalam yang unggul dan kompetitif.

Misi

  1. Menyelenggarakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) meliputi seluruh aspek tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat);
  2. Menyelenggarakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) melalui akreditasi program studi dan perguruan tinggi;
  3. Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab budaya mutu bagi seluruh sivitas akademika STIS Subulussalam melalui peningkatan kompetensi dan pelatihan.

4. Tugas dan Layanan

PPM melaksanakan tugas dan memberikan layanan terkait:

  1. Standar Operasional Prosedur (SOP)
  2. Buku Pedoman/Panduan
  3. Survei
  4. Tracer Study
  5. Monitoring dan Evaluasi (Monev)
  6. Audit Mutu Internal
  7. Pengelolaan Website
  8. Akreditasi

SPM DIKTI

SPM Dikti (Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi) adalah rangkaian unsur dan proses terkait mutu pendidikan tinggi yang saling berkaitan dan tersusun secara teratur dalam menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan.

Mekanisme SPM Dikti digambarkan sebagai berikut:

STANDAR DIKTI

Standar pendidikan tinggi terdiri atas SN Dikti dan standar pendidikan tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi

SPMI

SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) adalah rangkaian unsur dan proses yang saling berkaitan dan tersusun secara teratur dalam rangka menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi di perguruan tinggi secara otonom.

SPME

SPME adalah rangkaian unsur dan proses yang saling berkaitan dan tersusun secara teratur dalam rangka menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui Akreditasi.

Data Akreditasi Perguruan Tinggi (APT)

A. Lingkungan Makro

B. Lingkungan Mikro

A. Laporan Kinerja

B. Laporan Evaluasi Diri

C. Bukti Sahih:

  1. Rencana Induk Pengembangan (RIP)
  2. Rencana Strategis (Renstra)
  3. Rencana Operasional
  4. Pedoman Penyusunan VMTS
  5. Pedoman Sosialisasi VMTS
  6. Pedoman Survei Pemahaman VMTS
  7. Pedoman Monitoring dan Evaluasi VMTS
  8. Laporan Kegiatan Penyusunan VMTS
  9. Laporan Kegiatan Sosialisasi VMTS
  10. Laporan Hasil Monitoring dan Evaluasi VMTS
  11. Laporan Hasil Survei Pemahaman VMTS

A. Laporan Kinerja

B. Laporan Evaluasi Diri

C. Bukti Sahih:

  1. Statuta
  2. Ortaker
  3. Pedoman Tata Pamong
  4. Pedoman Kerjasama